Supervisi Guru Wali Berlanjut di SMPN 5 Kota Bima, Kepsek Abdi Awasi Pendampingan Holistik Siswa

Kota Bima, Spenlim_ Komitmen SMPN 5 Kota Bima dalam memastikan kualitas pendampingan siswa secara holistik terus ditingkatkan melalui supervisi intensif oleh Kepala Sekolah. Selain Ibu Siti Ico yang telah menjalani supervisi, pada hari yang sama, Selasa (21/10), Kepala SMPN 5 Kota Bima, Bapak Abdi, juga melaksanakan supervisi terhadap Guru Wali lainnya, yaitu Ibu Rahmaniati.

Kegiatan supervisi ini diselenggarakan di ruang kepala sekolah dan merupakan bagian dari upaya berkelanjutan sekolah untuk memastikan bahwa tugas utama Guru Wali berjalan optimal. Peran Guru Wali di SMPN 5 Kota Bima memiliki fokus pada pendampingan jangka panjang siswa, yang meliputi tiga pilar utama: pendampingan akademik, pengembangan kompetensi dan keterampilan, serta pembinaan karakter.

"Supervisi ini sangat krusial. Guru Wali memiliki peran vital sebagai mentor yang mendampingi siswa dari awal masuk hingga lulus. Mereka adalah jembatan komunikasi utama yang menghubungkan perkembangan siswa di sekolah dengan orang tua," tegas Kepala Sekolah, Bapak Abdi.

Bapak Abdi menjelaskan bahwa supervisi yang dilakukan terhadap Ibu Rahmaniati dan Ibu Siti Ico berfokus pada kelengkapan administrasi program pendampingan, catatan perkembangan individual siswa, dan strategi komunikasi yang digunakan untuk berkolaborasi dengan orang tua. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap siswa menerima perhatian personal dan bimbingan yang memadai sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ibu Rahmaniati, Guru Wali yang disupervisi, menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan arahan yang jelas untuk meningkatkan efektivitas tugasnya. "Kami mendapatkan masukan berharga dari Bapak Kepala Sekolah, terutama dalam hal dokumentasi dan strategi pendampingan yang lebih terarah," ujarnya.

Dengan dilaksanakannya supervisi ini, SMPN 5 Kota Bima menegaskan kembali keseriusannya dalam mendukung pertumbuhan siswa secara menyeluruh dan memastikan profesionalisme seluruh Guru Wali sebagai garda terdepan pendampingan peserta didik.