Kepala Sekolah Tegaskan Manfaat: RKAS 2026 Jadi Jembatan Peningkatan Kompetensi Guru dan Staf TU Spenlim
Kota Bima, 15 November 2025-
Kepala SMPN 5 Kota Bima, Abdi, S.Pd., menyoroti dimensi penting lain dari penyusunan RKAS 2026, yaitu manfaat langsung bagi guru dan staf Tenaga Kependidikan (TU). Menurutnya, kegiatan yang berorientasi pada intervensi Raport Pendidikan ini bukan sekadar tugas administratif, melainkan sebuah peluang emas untuk pertumbuhan profesional. "Manfaat kegiatan ini bagi guru dan staf TU Spenlim adalah peningkatan kompetensi yang relevan dan kesempatan untuk merancang kegiatan yang sesuai dengan bakat dan keahlian masing-masing," ujarnya. RKAS yang berbasis data memberi kepastian bahwa setiap program, seperti pelatihan Numerasi atau pembangunan taman baca untuk Literasi, akan didukung penuh oleh anggaran yang terarah.
Keterlibatan aktif guru dan TU dalam merumuskan program berbasis kegiatan siswa ini secara langsung memenuhi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SNP ke-5). Dengan adanya program yang jelas untuk mengatasi kelemahan Numerasi dan meningkatkan Literasi, para pendidik didorong untuk mengadopsi metode pengajaran baru dan inovatif. Peningkatan kualitas pengajaran ini, pada gilirannya, akan meningkatkan kepuasan kerja dan menunjukkan profesionalisme mereka dalam upaya kolektif memajukan mutu sekolah.
Pada akhirnya, RKAS 2026 ini memberikan peta jalan yang jelas dan terukur, menghilangkan keraguan dalam pelaksanaan tugas. Bagi guru dan TU, kepastian anggaran dan program yang terfokus pada perbaikan data Raport Pendidikan berarti pekerjaan mereka memiliki dampak nyata. Hal ini sejalan dengan semangat kolaborasi yang diusung oleh sekolah, di mana setiap kontribusi, mulai dari administrasi hingga pengajaran, diakui sebagai pilar penting dalam mewujudkan visi pendidikan Spenlim yang lebih baik. (TM)