Menghadirkan Ice Breaking di Tengah Kegiatan MPLS: Membangun Semangat dan Kekompakan
Kota Bima, Selasa (9/7)
Dalam rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Spenlim mengalokasikan waktu khusus untuk menyampaikan materi yang bertujuan meningkatkan pemahaman peserta didik tentang program dan tata tertib yang ada di lingkungan sekolah. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengenalan akademik, tetapi juga diselingi dengan kegiatan yang seru yaitu ice breaking.
Salah satu inovasi menarik yang dihadirkan dalam kegiatan MPLS tahun ini adalah sesi ice breaking di tengah-tengah kegiatan. Sesi ice breaking ini bertujuan untuk membangun semangat dan kekompakan di antara para peserta didik baru. Dengan menghadirkan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan interaktif, sesi ini diharapkan dapat mencairkan suasana dan membuat para peserta didik merasa lebih nyaman dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan MPLS.
Sesi ice breaking dihadirkan sebagai selingan yang menyegarkan. Aktivitas ice breaking yang dilakukan meliputi berbagai permainan kelompok, diskusi ringan, dan aktivitas kreatif lainnya yang melibatkan seluruh peserta didik, seperti tepuk tangan, tebak-tebakan, team work, dll.
Menghadirkan ice breaking di tengah kegiatan MPLS memiliki banyak manfaat positif. Pertama, ice breaking membantu mencairkan suasana dan mengurangi ketegangan yang mungkin dirasakan oleh peserta didik baru. Dengan suasana yang lebih santai dan menyenangkan, peserta didik akan merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berinteraksi dengan teman-teman baru dan para pendidik.
Kedua, ice breaking juga membantu membangun semangat dan kekompakan di antara peserta didik. Melalui berbagai aktivitas kelompok, peserta didik belajar untuk bekerja sama, saling mendukung, dan menghargai perbedaan. Hal ini sangat penting dalam membentuk lingkungan belajar yang positif dan inklusif.
Ketiga, ice breaking juga dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan MPLS. Dengan menghadirkan aktivitas yang menyenangkan dan interaktif, peserta didik akan merasa lebih tertarik dan terlibat dalam rangkaian kegiatan. Hal ini akan membantu mereka untuk lebih memahami dan mengapresiasi program dan konsentrasi keahlian yang ada di satuan pendidikan.
Menghadirkan ice breaking di tengah kegiatan MPLS adalah inovasi yang sangat positif dan bermanfaat. Dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan interaktif, sesi ice breaking membantu mencairkan suasana, membangun semangat dan kekompakan, serta meningkatkan motivasi dan antusiasme peserta didik. Semoga inovasi ini dapat terus diterapkan dan dikembangkan dalam kegiatan MPLS di masa mendatang, sehingga peserta didik dapat merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan bermakna dalam mengenal lingkungan sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada.